Apa yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Mobil Mengalami Overheating
Otomotif

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Mobil Mengalami Overheating?

Overheating atau mesin terlalu panas menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi ketika mobil digunakan untuk perjalanan jauh. Tentu, mesin yang terlalu panas nantinya akan menyebabkan performa mobil menurun, bahkan mogok. Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara mengatasi mobil overheating di jalan ala Toyota BSD?

Perlu diketahui bahwa overheating merupakan kondisi di mana suhu mesin terlalu tinggi di atas suhu optimal mesin. Ketika masalah ini muncul, ada beberapa cara awal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah antisipasi awal.

Apa saja cara yang dimaksud? Simak ulasannya!

1. Berhenti dan mematikan mesin mobil

Apabila Anda menyadari bahwa mobil yang Anda kendarai mengalami overheating, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah segera menghentikan mobil di pinggir jalan. Setelah itu, matikan mesin mobil tersebut.

Ini adalah langkah awal yang bisa dikatakan sangat penting. Dengan mematikan mesin yang terlalu panas, maka Anda bisa menghindarkan mesin mobil dari kerusakan yang cenderung lebih parah.

2. Buka kap mesin

Untuk mengatasi masalah overheating, maka Anda tidak boleh membiarkan panas terperangkap di ruang mesin. Oleh karenanya, cari tuas kecil untuk membuka kap mesin dan angkat.

Dalam hal ini, Anda perlu membuka kap mesin secara perlahan untuk menghindarkan risiko tersengat panas radiator. Kap mesin yang terbuka nantinya akan membuat panas yang terperangkap di ruang mesin akan cenderung lebih cepat menyingkir.

3. Hindari membuka tutup radiator

Radiator adalah komponen dalam mekanisme meredakan panas mesin mobil. Nah, ketika overheating melanda, banyak pengemudi yang berusaha menambahkan air dingin ke radiator untuk menghilangkan panas. Namun, cara ini adalah hal yang salah.

Ketika radiator masih terlalu panas, maka hindari membuka tutup radiator. Ya, Toyota BSD mengatakan jika radiator yang masih panas akan menyebabkan uap serta air bertekanan tinggi lepas. Hal ini tentu bisa mengakibatkan luka bakar yang serius jika mengenai kulit.

4. Cari kebocoran pada sistem pendingin

Masalah overheating juga bisa dikarenakan adanya kebocoran pada sistem pendingin mobil. Kebocoran inilah yang akan membuat panas mesin mobil tidak terkendali dan mesin cenderung bermasalah saat digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.

Apabila Anda memiliki pengetahuan tentang mesin, maka cobalah untuk melakukan pemeriksaan pada sistem pendingin mobil yang Anda kendarai. Dalam hal ini, coba cek blok mesin, radiator atau kepala silinder. Bisa jadi, diantara komponen tersebut ada komponen yang rusak dan bocor.

Beberapa hal di atas adalah apa yang bisa Anda lakukan pertama kali ketika mendapati mesin mobil bermasalah karena overheating. Nantinya, Anda bisa melakukan perbaikan mobil di Toyota BSD untuk memperbaiki kondisi mesin yang rusak agar overheating tidak terjadi lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.