Fashion

Ini Sejarah Brand Balenciaga

Logo Balenciaga

Berbicara mengenai brand fashion, sepertinya hampir sebagian besar pecinta fashion di seluruh dunia sudah tidak asing lagi dengan nama brand terkenal Balenciaga. Ya, belakangan brand fashion ini sangat naik daun dan digunakan oleh para pesohor-pesohor dunia.

Sejarah Balenciaga yang panjang mengantarkan brand fashion ini menjadi salah satu brand fashion paling ternama dan disegani di seluruh dunia. Rumah mode asal Prancis ini didirikan oleh pendirinya yang bernama Cristobal Balenciaga, seorang perancang terkenal.

Cristobal Balenciaga

Perancang busana yang lahir di desa nelayan bernama Basque, Getaria, Spanyol. Balenciaga merupakan anak pertama dengan dua saudara. Sejak kecil, saat ia berumur 12 tahun, ia memang telah lama dikenal sebagai seorang couturier, atau seorang perancang busana.

Ya, sejak umur 12 tahun, seorang Cristobal Balenciaga telah piawai dalam melakukan teknik dan konstruksi pakaian. Keahlian tersebut ia peroleh dari membantu ibunya yang mana bekerja menjadi penjahit semenjak ayahnya meninggal dunia.

Balenciaga kemudian melanjutkan pekerjaan sebagai penjahit magang mengikuti karir menjahit ibunya. Meskipun usianya masih sangat belia, namun jahitan Balenciaga terkenal halus dan juga rapi, sehingga banyak disukai oleh para bangsawan yang ada di Spanyol.

Salah satu bangsawan yang bernama Marchiones de Casa Torres menjadi pelanggan setia dan pendukung karirnya di menjahit, sehingga Marchiones de Casa Torres kemudian mengirimnya ke Madrid agar Balenciaga mendapatkan kursus keterampilan menjahit.

Hasilnya, seorang Balenciaga telah menjelma menjadi penjahit dengan rancangan dan jahitan yang punya ketinggian nilai seni dan hampir tidak dijumpai kegagalan pada setiap momen penampilan ide rancangan desain yang ditampilkan melalui kontes umum.

Hal tersebut semakin diasah dan berkembang sehingga dapat mendirikan brand ternama dalam bidang fashion yang dikenal dengan namanya sendiri yakni Balenciaga.

Sekilas Sejarah Tentang Balenciaga

Seorang couturier asal Spanyol, Cristobal Balenciaga telah dikenal sejak lama sebagai salah seorang ahli dalam bidang teknik dan konstruksi pakaian. Tak heran melalui kepiawaiannya dalam merancang desain yang inovatif, couturier asal Spanyol tersebut semakin dikenal.

Ia dijuluki seorang Master pada dunia haute couture, salah satunya dijuluki oleh Christian Dior. Kepiawaian yang telah diasah semenjak umur 12 tahun tersebut mengantarkannya pada teknik mendesain tekstil yang mana banyak didominasi oleh bahan dari sutra gazar.

Adapun dimana tekstil tersebut sekarang ini telah menjadi tekstil yang berhasil dikembangkan oleh Cristobel Balenciaga menjadi tekstil yang besar dengan kerja sama perusahaan tekstil Abraham, yang berasal dari Swiss. Hal tersebut tentunya jadi momen penting dalam hidupnya.

Hampir kebanyakan produk Balenciaga sebelumnya memang menggunakan tekstil gazar yang mana diterapkan pada koleksi adibusana di tahun 1960 hingga tahun 1968. Butik pertama untuk brand Balenciaga ini sendiri pertama kali dibuka pada tahun 1918 di kota kecil di Spanyol yang bernama San Sebastian, kemudian berekspansi ke Barcelona dan Madrid.

Ketika bisnis tekstil yang dijalankan semakin besar, Keluarga Kerajaan Spanyol pun memanfaatkan rancangannya untuk publik, namun hal tersebut harus terhenti karena terjadi Perang Sipil Spanyol yang membuat Cristobel haruslah menutup toko dan pindah.

Akhirnya Balenciaga berhasil membuka sebuah rumah jahit setelah kepindahannya ke Paris, Prancis. Pada bulan Agustus 1937, Balenciaga berhasil membuka rumah jahit yang pertama selain di Spanyol, yakni di Paris yang lokasinya di Avenue George V.

Pada pertunjukkan utama pada cat walk, rancangannya banyak dipengaruhi oleh gaya Spanish Renaissance. Tak heran hal tersebut membuat para media Prancis memuji teknik Balenciaga dan menyebutkan bahwa rancangan Balenciaga sebagai revolusioner.

Tak hanya revolusioner saja, rancangannya juga banyak sekali dicari. Hal ini karena rancangannya yang unik dan juga banyak dicaro. Carmel Snow yang merupakan editor dari Harper’s Bazaar menjadi salah satu yang mendukung rancangannya eksklusifnya.

Adapun seorang Balenciaga memang dikenal pandai dalam instingnya mengolah sebuah pakaian setelah bertahun-tahun berlalu pascaperang. Di tahun 1951, Balenciaga mengubah sebuah siluet desain yang jadi rancangannya.

Menginjak pada tahun 1959, gaya rancangan dari tangan Balenciaga berubah dengan mengikuti sedikit gaya berbusana ala kerajaan dengan gaun yang pegangannya cukup tinggi serta mantel yang telah dipotong menjadi layaknya sebuah pakaian adat Jepang, Kimono.

Sejarah Balenciaga di tahun 1960, ketika itu Balenciaga mendapatkan pesanan berupa gaun pengantin oleh calon Ratu Spanyol yang bernama Febiola de Mora y Aragon, yang mana saat itu akan melangsungkan pernikahan dengan Raja Baudouin I yang berasal dari Belgia.

Gaya fashion yang ditampilkan oleh Balenciaga memang sangatlah mendalam, hal ini jadi salah satu teka teki yang menarik untuk dipecahkan, terkait dengan berbagai desain brilian yang terlahir dari tangan terampilnya tangan Balenciaga.

Pada tahun 1950-an, sebagian dari masyarakat ketika itu enggan untuk menggunakan pakaian yang disukai dari penjahit lainnya, dan pastinya memperoleh shit wear juga sangat banyak diperoleh, terlebih bagi para penduduk yang mendukung kastil di waktu itu.

Kebanyakan dari penduduk pada zaman tersebut memang cukup enggan dalam menggunakan pakaian rancangan desain lain seperti pakaian gaun dan lainnya. Akan tetapi desain buatan yang dihasilkan oleh Balenciaga mempunyai volume yang ringan digunakan.

Seorang Balenciaga juga tidak pelit untuk berbagi ilmu dengan beberapa orang yang juga jadi partner untuk mendukung karir Balenciaga dibidang jahit menjahit. Beberapa pionir maupun pendiri fashion memang terlahir dari kejeniusan Balenciaga menjadi seorang guru.

Nama-nama seperti Hubert de Givenchy, Andre Courreges dan Emanule Ungaro yang akan membantu dalam pemilihan merek dan desain fashion terbaik yang ada di dunia saat ini, seperti halnya Balenciaga yang mana sekarang ini dimiliki oleh perusahaan asal Prancis.

Ciri Khas Produk Balenciaga

Produk Balenciaga ini punya ciri khas khusus yang bubble skirst and odd, feminin namun masih mengusung bentuk yang ultra modern. Selain itu, Balenciaga punya beberapa bentuk yang paling ikonik yang mana diciptakan oleh seorang couturier terbaik sepanjang masa.

Berikut beberapa kreasi yang ikonik dari seorang master Cristobal Balenciaga, check this out!

  • Sack Dress

Sack Dress

Sekitar tahun 1957, Balenciaga berhasil mengejutkan dunia fashion dengan menampilkan gaun terbaru yang mana menyembunyikan siluet tubuh seorang perempuan.

Ketika itu, langkah yang diambil terkesan radikal dan tidak atraktif, pasalnya siluet tubuh seorang perempuan melambangkan sebuah keindahan dan juga pandangan yang menarik, khususnya pada saat mengenakan dress yang diproduksi oleh Balenciaga tersebut.

Namun tidak bagi Balenciaga, ia menciptakan sebuah gaun yang berpotongan lurus dengan bahan dasar dari wol yang mana pada saat itu sukses mengubah wajah pasar dan menandai zaman swinging sixties yang mana sangat erat dengan sebuah kebebasan tentang hidup.

  • Balloon Dress

Balloon Dress

Produk populer dari Balenciaga selanjutnya yakni Balloon Dress yang mana dikenalkan kepada publik pada tahun 1950. Kehadiran produk ini dilatar belakangi oleh ketertarikan seorang Balenciaga untuk berkreasi dengan siluet menggembung di awal 1950.

Ketika itu, ia berhasil menciptakan kreasi berupa dress dengan konsep siluet tubuh yang mengembang seperti halnya balloon. Berbahan dasar dari materi berupa taffeta, potongan gaun yang diciptakan ini ternyata tak seberat yang dibayangkan oleh para pecinta fashion.

Gaun yang diciptakan tersebut sukses di pasaran dan menginspirasi karya Balenciaga yang lain seperti balloon jacket, yang mana hari ini dikenal publik modern dengan nama puffer jucket dan juga cocoon coat yang telah jadi ciri khas dari produk Balenciaga hingga saat ini.

  • Baby Doll Dress

Baby Doll Dress

Setelah sebelumnya sukses dengan Sack Dress, Balenciaga kemudian kembali menciptakan kreasi barunya setahun kemudian.

Tepatnya 1958, Balenciaga menciptakan gaun yang berpotongan lonceng dengan bahan dari renda chantilly yang punya siluet segitiga longgar dan juga menggantung dari bahu dari pemakainya. Memperlihatkan keindahan dan feminin yang dimiliki oleh pemakai gaun itu.

Selain itu, dress ini juga memberikan kelonggaran bagi wanita yang memakainya dengan menggunakan bantuan korset yang mengikat, sehingga tidak nampak siluet tubuh yang besar dan melebihi lingkar pinggang.

  • Empire Dress

Empire Dress

Gaun-gaun malam milik Balenciaga memang dikenal sebagai simbol keanggunan ketika malam hari. Hal ini karena garis empire yang ditampilkan sangat pas dengan dress yang diciptakan, meskipun Balenciaga sendiri bukanlah seorang pencipta dari garis empire.

Namun lewat sentuhan Balenciaga, garis potongan pinggang yang ada di gaun yang letaknya di bawah dada berhasil dibuat seanggun mungkin sehingga menjadi simbol keanggunan gaun yang dikenakan pada saat malam hari.

  • Cocoon Coat

Cocoon Coat

Salah satu produk khas yang sangat dikenal dari Balenciaga ialah Cocoon Coat. Bila Coco Chanel punya produk jacket yang terkenal yang bernama tweed jacket, Christian Dior punya produk jacket terkenal yang bernama bar jacket, maka Balenciaga juga memilikinya.

Lewat kehadiran produk jacket yang bernama Cocoon Coat tersebut, Balenciaga mencoba untuk menghadirkan produk mantel dengan kreasi siluet yang menggembung. Kehadiran produk pada tahun 1960 tersebut berhasil mengejutkan publik fashion kala itu.

Berkat produk yang diciptakan, Balenciaga benar-benar menghilangkan bentuk siluet tubuh yang dimiliki perempuan serta potongan pinggang yang ketat. Selain itu, produk ini juga punya garis rancangan yang berkurva layaknya telur dan punya potongan garis yang lembut.

Menampilkan kesan yang elegan dan juga punya volume yang tinggi, rancangan dari produk ini terus diproduksi dan menjadi salah satu produk khusus dari Balenciaga dan menjadi ciri khas dari Balenciaga hingga masa modern seperti sekarang ini.

Kehadiran Balenciaga telah menjadi ikon pendobrak dunia fashion yang mana karya dan produknya berhasil untuk membius dunia melalui karya yang inovatif dan punya nilai seni tersendiri yang berbeda dengan produk yang diciptakan oleh desainer lainnya.

Seperti halnya pada produk fashion lainnya yakni Tory Burch yang mana terkenal belakangan dengan tas mewah yang juga punya desain khusus yang melambangkan tentang kemewahan sehingga berhasil menarik minat para pecinta fashion untuk menggunakannya,

Demikian tadi informasi yang dapat disampaikan seputar sejarah Balenciaga serta karya seorang Balenciaga yang populer.

Jangan sampai ketinggalan informasi seputar dunia fashion dan kecantikan, terus simak dan pantau selalu ya! Semoga dapat memberikan manfaat, sekian dan terima kasih. Simak selengkapnya informasi tentang dunia fashion maupun kecantikan terbaru dan terpopuler pada website Voila.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *