Tes Kesehatan Dengan Kalkulator BMI Online di SehatQ
Kesehatan

Tes Kesehatan Dengan Kalkulator BMI Online di SehatQ

Memiliki berat badan yang ideal untuk hidup yang lebih sehat merupakan keinginan dari setiap orang. Ya, dengan berat badan yang cenderung ideal, metabolisme tubuh pun cenderung lebih baik serta kondisi tubuh secara umum juga akan stabil. Nah, berkaitan tentang berat badan ideal, kini ada kalkulator BMI yang bisa dijadikan sarana tes kesehatan.

Apakah Anda pernah mendengar tentang kalkulator BMI sebelumnya?

Sekilas, kalkulator BMI atau Body Mass Index adalah alat yang bisa menentukan kondisi berat badan seseorang. Dengan kalkulator tersebut nantinya Anda bisa mengetahui apakah berat badan Anda termasuk normal, kurus, gemuk ataupun obesitas.

Kategori BMI

Dalam kalkulator BMI, ada beberapa kategori yang tersedia. Kategori ini nantinya menjadi acuan apakah Anda termasuk kurus, normal atau gemuk berdasarkan berat badan dan angka yang dikonversi dalam kalkulator BMI tersebut.

Sesuai aturan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia, ada 5 kategori BMI yang menjadi acuan terkait kesehatan tubuh. Adapun kategori tersebut adalah sebagai berikut:

  • -17,0 = Kekurusan (kekurangan berat badan pada tingkat berat)
  • 17,0 – 18,4 = Kurus (kekurangan berat badan pada tingkat ringan)
  • 18,5 – 25,0 = Normal (berat badan ideal)
  • 25,1 – 27,0 = Gemuk (kelebihan berat badan pada tingkat ringan)
  • + 27,0 = Kegemukan (kelebihan berat badan pada tingkat berat)

Dari kategori di atas nantinya Anda bisa melihat bagaimana kondisi tubuh Anda dari nilai konversi tersebut. Nilai tersebut tentu memiliki perbedaan pada wanita dan pria. Nantinya, Anda juga akan mendapatkan saran dari SehatQ.com agar memiliki nilai BMI yang normal.

Rumus Kalkulator BMI

Secara umum, kalkulator BMI akan menentukan berat badan ideal atau kurang ideal dengan membandingkan tinggi badan dan berat badan dari seseorang. Dalam hal ini, rumus yang digunakan adalah dengan membagi berat badan dalam satuan kilogram (kg) dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat (m2).

Bisa dikatakan jika rumus tersebut memang cukup membingungkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena rumus tersebut sudah mendapatkan persetujuan sehingga hasil yang didapatkan dari rumus tersebut pun bisa dikatakan valid.

Cara Menggunakan Kalkulator BMI Online di SehatQ.com

Perlu diketahui bahwa untuk memudahkan Anda mendapatkan informasi tentang kondisi tubuh Anda, SehatQ.com menyediakan fitur kalkulator BMI online. Tentu, dengan adanya fitur ini Anda bisa melakukan pengecekan secara mudah dan akurat.

Adapun cara untuk menggunakan fitur ini di SehatQ.com adalah sebagai berikut:

  • Buka SehatQ.com dan pilih menu kalkulator BMI
  • Lakukan register atau login agar catatan hasil pengukuran kalkulator BMI tercatat di sistem
  • Jika sudah, lanjut pada menu kalkulator BMI. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengisi pilihan gender, isi angka pada kolom usia, berat badan serta tinggi badan yang sesuai dengan keadaan Anda saat ini
  • Setelah pengisian tersebut selesai, tekan tombol hitung
  • Tunggu sebentar dan hasil perhitungan kalkulator BMI akan muncul di bagian layar

Nah, dari proses di atas, Anda akan mengetahui informasi terkait keadaan tubuh Anda sekarang apakah kurus, normal, gemuk atau obesitas. Tidak hanya itu, nantinya Anda juga akan mendapatkan beberapa poin tentang rekomendasi. Poin ini bisa menjadi tahapan yang dilakukan agar Anda bisa mencapai nilai BMI yang normal.

Demikian beberapa ulasan tentang kalkulator BMI yang tersedia di SehatQ.com. Perlu diketahui bahwa menjaga berat badan tetap normal adalah hal penting, salah satu alasannya adalah untuk meminimalkan risiko diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *