Mengenal Klinik Tumbuh Kembang Anak Pediatri Sosial
Parenting

Mengenal Klinik Tumbuh Kembang Anak Pediatri Sosial

Klinik tumbuh kembang anak – Anak sampai dengan usia 18 tahun ini harus diperhatikan tumbuh dan kembangnya. Namun fase yang penting diperhatikan adalah usia 0 sampai dengan 5 tahun. Jika Anda sebagai orang tua menemukan adanya gangguan pertumbuhan, gangguan pada motorik, gangguan perkembangan sensorik sampai dengan gangguan perilaku maka penting bagi Anda untuk mencari bantuan yang lebih profesional.

Mengapa tumbuh dan kembang anak in penting? Hal itu karena di Indonesia ini gangguan kesehatan dan kecacatan jangka panjang akibat prematur, gangguan konsentrasi belajar yang disebabkan oleh autisme, gangguan pemusatan perhatian dan sebagainya ini terus meningkat.

Gangguan pada anak ini bisa diatasi bahkan bisa dicegah terutama jika dideteksi lebih dini. Klinik tumbuh kembang anak ini akan menjadi salah satu tempat rujukan untuk orang tua bisa mencegah dan mengatasi masalah tumbuh kembang yang dialami oleh anak.

Dokter Anak Ahli Tumbuh Kembang Pediatri Sosial

Klinik tumbuh kembang ini memiliki dokter yang memiliki peran masing-masing. Salah satunya adalah pediatri sosial. Dokter ahli tumbuh kembang pediatri sosial ini akan melakukan evaluasi dan juga monitoring bahkan menangani berbagai macam masalah pada tumbuh kembang anak termasuk pada bayi dan remaja.

Ada beberapa kondisi yang bisa dilakukan oleh dokter pediatri sosial. Beberapa masalah atau kondisi yang bisa diatasi oleh dokter anak atau konsultan tumbuh kembang pediatri sosial seperti berikut ini:

  • Gangguan belajar. Anak dengan gangguan disleksia dan masalah pada kemampuan akademik misalnya adalah menulis, membaca maupun berhitung.
  • Gangguan konsentrasi dan juga perilaku misalnya adalah hiperaktif maupun autisme.
  • Gangguan pada psikologis misalnya adalah gangguan kecemasan dan depresi.
  • Masalah tumbuh kembang yang mana diakibatkan oleh masalah kesehatan seperti penyakit kronis, kelainan genetik, epilepsi, diabetes, asma maupun kanker.
  • Gangguan saraf yang bisa mengganggu aktivitas anak misalnya saja adalah sindrom Tourette.
  • Gangguan fungsi indera misalnya gangguan pada penglihatan dan pendengaran.
  • Gangguan perkembangan yang disebabkan oleh kelainan otak misalnya saja cerebral palsy dan spina bifida.
  • Gangguan di dalam aktivitas sehari-hari. Gangguan itu misalnya adalah gangguan makan, gangguan tidur, selain itu juga sulit melakukan toilet training.
  • Keterlambatan dalam kemampuan bicara dan juga bahasa selain itu bermasalah pada keterampilan motoriknya.

Peran Dokter Ali Tumbang Pediatri Sosial

Dokter klinik tumbuh kembang anak pediatri sosial ini akan memiliki peran penting dalam memeriksa maupun menangani berbagai macam masalah kesehatan terutama yang ada aspeknya dengan tumbuh kembang anak. Bahkan dokter ini juga bisa menangani berbagai macam masalah kesehatan yang lain seperti demam, batuk dan pilek, alergi, diare, cedera sampai dengan pada masalah gizi.

Dalam melakukan evaluasi tumbuh kembang mereka akan menentukan diagnosis gangguan tumbuh kembang pada anak, melakukan wawancara kepada orang tua berhubungan dengan pertumbuhan, perkembangan keterampilan sosial dan sebagainya. Mereka kemudian mengevaluasi kebiasaan anak sehari-hari seperti asupan nutrisi, pola makan maupun pola tidur.

Klinik tumbuh kembang anak terbaik dan profesional adalah OMDC, hubungi kontak untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *