Tips Membedakan Kalung Berlian Asli dan Palsu
Fashion

Tips Membedakan Kalung Berlian Asli dan Palsu

Berlian memang merupakan salah satu benda tambang yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Keindahan berlian membuatnya sering dijadikan sebagai perhiasan seperti kalung berlian asli, cincin berlian asli, bahkan sekarang juga sudah ada berbagai produk yang dilengkapi dengan berlian asli namun tentu harganya akan lebih mahal.

Cara Melihat Apakah Berlian Asli atau Palsu

Apabila Anda ingin membeli berlian tentu harus bisa membedakan berlian yang asli dan palsu karena sekarang ini banyak yang menjual produk dengan berlian palsu namun sangat mirip dengan asli dengan harga yang murah hingga mahal. Ini tentu akan merugikan kita sebagai pembeli. Beberapa cara untuk membedakannya yaitu:

1. Berlian tidak mudah rusak atau retak

Berlian adalah batu terkeras di bumi bahkan, ia memiliki kekerasan Mohs 10. Karena berlian memiliki tingkat kekerasan yang tinggi membuatnya lebih tahan lama, lebih sedikit goresan dan kerusakan, dan cocok untuk penggunaan sehari-hari. Apabila berlian yang Anda beli telah retak atau pecah hanya karena terkena benturan yang ringan maka bisa jadi berlian Anda tidak asli.

2. Berlian asli tidak mudah tergores

Karena sangat keras, berlian bahkan dapat menggores benda apa saja yang bisa dicoba dengan menggores berlian ke kaca. Apabila kaca yang tergores dan berlian tetap bagus maka berlian tersebut bisa dikatakan asli. Jika sebaliknya maka berlian bisa saja palsu.

3. Berlian merah lebih mahal dan sangat langka

Berlian yang umumnya dijual adalah berlian yang tidak berwarna namun sekarang ini sudah banyak berbagai warna berlian seperti kuning, hitam, biru, pink, bahkan merah. Dari semua warna, berlian merah adalah warna yang paling langka bahkan harganya bisa mencapai ribuan dolar AS per karat.

Jadi jika ada yang menjual berlian merah bahkan juga termasuk berlian tanpa warna dengan harga yang tidak masuk akal, entah itu berlian langsung atau yang katanya kalung berlian asli, cincin berlian asli, gelang berlian asli, dan perhiasan lainnya, maka Anda perlu mempertanyakan keasliannya.

4. Berlian asli dapat memantulkan cahaya

Berlian asli dapat memantulkan cahaya ke segala arah yang membuat berlian terlihat bagus dari semua sisi. Hal ini berbeda dengan berlian palsu yang biasanya hanya dipoles permukaannya saja. Berlian asli hanya dapat memantulkan cahaya abu-abu. Jika berlian yang Anda beli dapat memantulkan cahaya dengan warna berbeda, kemungkinan itu palsu.

5. Berlian asli tidak berkabut

Uji kabut adalah cara mudah untuk menentukan keaslian berlian. Apalagi jika batu tersebut sudah terpasang pada perhiasan. Jika kabut berlian menghilang dengan cepat, itu berarti berlian tersebut asli. Namun, jika kabut berlian berlangsung selama beberapa waktu, itu pasti palsu karena konduktivitas termalnya dapat dengan cepat menghilangkan panas dari napas Anda.

6. Berlian asli akan tenggelam

Untuk mengecoh pembeli, penjual berlian bisa saja mencampurkan berlian asli dengan berlian palsu. Untuk menguji kesehatan berlian, ujilah dengan air. Siapkan segelas air dan isi sebagian dengan air. Kemudian masukkan berlian. Berlian sangat padat sehingga akan tenggelam saat dicelupkan ke dalam air. Jika berlian tampak mengambang, itu berarti berlian tersebut palsu atau dicampur dengan berlian palsu.

Untuk mendapatkan berlian yang asli, sebaiknya beli di toko perhiasan yang terpercaya. Pastikan juga telah memiliki sertifikat seperti sertifikat EGL, GIA, HRD, AGS, atau IGI. Apabila Anda sedang mencari kalung berlian asli, Anda dapat mengunjungi Blibli.com dan mencari toko perhiasan official yang hanya menjual berlian asli sehingga lebih terpercaya. Blibli.com juga memberikan promo sehingga Anda bisa mendapatkan berlian dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *